0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perguruan Tinggi Belum Maksimal Manfaatkan CSR

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS membuka Konferensi Nasional Ke 3 PkM-CSR 2017 (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 120 peserta dari 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menggelar Konferensi Nasional ke-3 Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PkM-CSR) 2017, di UNS Inn, Solo, Kamis (19/10).

“Program pengabdian kepada masyarakat secara nyata sudah dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi, termasuk di dalamnya penelitian-penelitian yang banyak menghasilkan beragam inovasi,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal (Sekditjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Rina Indiastuti saat berbicara sebagai keynote speech dalam konferensi tersebut.

Sementara di sisi lain, lanjut Rina, potensi manfaat dari program CSR yang dilaksanakan oleh  banyak perusahaan, belum secara maksimal dimanfaatkan  perguruan tinggi untuk mendukung program PKM-nya. “Dan potensi dari Program CSR itu sendiri masih tersebar namun belum semua dimanfaatkan,” ujarnya.

Menuurtnya, perguruan tinggi maupun perusahaan sebenarnya bisa memaksimalkan potensi tersebut untuk bersinergi agar efek dari program keduanya bisa lebih besar untuk masyarakat. Gerakan perguruan tinggi maupun perusahaan harus bisa lebih cepat dan massif.

Rektor UNS Solo Prof Dr Ravik Karsidi MS mengakui, rata-rata perguruan tinggi memang tidak memiliki kemampuan untuk berbisnis. Oleh karenanya, menurutnya sangat penting bagi UNS untuk menggandeng perusahaan agar mampu mengelola unit bisnis yang ada di perguruan tinggi tersebut.

“Meskipun tidak punya kemampuan berbisnis, perguruan tinggi memang membutuhkan sehingga yang bisa dilakukan adalah dengan menggandeng perusahaan. Sebab berbagai inovasi yang bisa dihasilkan di perguruan tinggi akan mandek bila tidak menggandeng pihak lain terutama perusahaan, untuk pengembangannya,” tandas Prof Ravik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge