0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuliah Umum, UNIBA Hadirkan Profesor dari Malaysia

Prof Dr Betania Kartika Muflih saat memberi kuliah (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ratusan mahasiswa dan dosen Universitas Islam Batik (UNIBA) Solo serta praktisi perhotelan dan restoran mengikuti kuliah umum bertemakan The Growth of Halal Industry, di gedung Sidoluhur Kampus UNIBA, Kamis (19/10). Kuliah menghadirkan narasumber Prof Dr Betania Kartika Muflih dari The Interhational Institution of Halal Research and Training (INHART) Malaysia.

“Kuliah umum ini sebagai langkah rencana awal UNIBA Surakarta mendirikan Halal Science Institution, sekaligus merupakan langkah awal dari UNIBA Surakarta dalam rangka menuju world class university,” ungkapRektor UNIBA Surakarta, Prof Dr Ir Hj. Endang Siti Rahayu MS.

Rektor mengatakan, peran Perguruan Tinggi diharapkan dapat mensukseskan jaminan produk-produk halal yang beredar di masyarakat. Apalagi Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Islam.

Berdasarkan laporan Global State of Islamic Economic, permintaan produk halal dunia akan mengalami pertumbuhan sebesar 9,5 persen dalam 6 tahun ke depan, yaitu dari 2 trilliun dollar AS pada tahun 2013 tumbuh menjadi 3,7 trilliun dollar AS pada tahun 2019.

Dari data tersebut, Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar memiliki peluang untuk menjadi eksportir produk halal terbesar di dunia khususnya di bidang pangan, seperti pertanian dan peternakan. Dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, tentu negara-negara importir produk halal akan lebih yakin terhadap produk halal Indonesia.

Sektor industri pangan, kata Betania, merupakan salah satu sektor yang mendominasi perdagangan bebas. Menjadi tugas bagi produsen produk halal Indonesia untuk berupaya mengembangkan dan meningkatkan produksi produk halal di bidang pertanian, perikanan dan peternakan sehingga mampu berkompetisi di pasar dunia.

“Untuk mengambil peluang pada pasar pangan dunia, tentunya produk halal Indonesia harus mampu meyakinkan markethalal dengan produk yang berkualitas dan terjamin kehalalannya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge