0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Mantu, Ini Tempat Parkir Para Tamu

Gedung Graha Saba Buana, tempat resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi (dok.timlo.net/gg)

Solo — Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sumber, dan Lapangan Parkir Stadion Manahan, dipersiapkan sebagai lokasi parkir bagi tamu undangan yang akan menghadiri resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dinas Perhubungan Solo untuk mengantisipasi membeludaknya tamu.

“Kapasitasnya untuk di Lapangan Parkir Manahan ada 400, kemudian untuk lapangan Banyuanyar dan Lapangan Sumber saat ini masih kita hitung bisa menampung berapa mobil,” ungkap Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Sri Baskoro, Kamis (19/10).

Baskoro mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan ruang parkir di tiga lokasi tersebut. Namun, bila kondisi tidak memungkinkan, akibat banyaknya undangan yang hadir, dirinya mengambil langkah dengan menggunakan badan jalan di Jl Menteri Supeno sebagai cadangan.

“Pun juga ketika hujan tiba, lokasi Lapangan Sumber dan Banyuanyar tidak dapat difungsikan sebagai lahan parkir, sebab berlumpur, kita maksimalkan lapangan parkir Manahan,” katanya.

Mengenai feeder yang akan digunakan untuk mengangkut tamu dari lokasi parkir ke gedung penyelenggaraan resepsi, Baskoro mengatakan pihak keluarga telah menyediakan bus alat angkut.

“Jadi jumlahnya (feeder) sampai saat ini kita masih belum tahu. Yang menyediakan pihak keluarga,” tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Solo Hari Prihatno beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya telah merancang rekayasa lalu lintas menjelang pelaksanaan resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby pada 8 November mendatang. Dishub mengaku tengah mempersiapkan akses tamu VIP dan VVIP yang akan hadir dalam acara yang dihelat di Gedung Saba Buana tersebut.

“Nantinya hanya kendaraan tamu VVIP seperti Wapres, menteri, tamu negara sahabat, atau VIP seperti gubernur dan kepala daerah yang boleh masuk untuk drop off. Sedangkan yang lain hanya boleh sampai ke parkiran yang telah kita sediakan,” ungkap Hari Prihatno.

Dikatakan, untuk tamu reguler tidak diperbolehkan masuk ke Jl Letjen Suprapto. Mereka akan diarahkan turun di lokasi parkir yang telah dipersiapkan seperti di Lapangan Sumber, kompleks Stadion Manahan, atau Lapangan Banyuanyar.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge