0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keris Kyai Pamot Mangkunegaran Dijamasi di Karanganyar

Abdi Dalem Pura Mangkunegaran melakukan ritual jamasan Keris Kyai Pamot (dok.timlo.net/ist)

Karanganyar — Keris pusaka Kyai Pamot dijamasi di rumah dinas bupati Karanganyar, Senin (16/10) malam. Pusaka koleksi Pura Mangkunegaran itu dititipkan ke bupati Karanganyar secara turun temurun dan hanya dikeluarkan pada saat bulan Muharam atau Suro untuk dibersihkan.

“Setiap Sura, seluruh pusaka Mangkunegaran dijamasi. Kami diperintah khusus menjamasi keris Kyai Pamot,” kata Abdi Dalem Mangkunegaran, Lilik Priyarso kepada wartawan.

Ritual jamasan diawali mengeluarkan pusaka itu di dalam kotak yang tersimpan di almari di rumah dinas bupati. Abdi dalem kemudian menyerahkannya ke Bupati Karanganyar Juliyatmono untuk kemudian diserahkan kembali ke abdi dalem untuk dimulai prosesinya.

Mereka menyiapkan ubo rampe penyucian keris pusaka berupa jeruk pecel, kembang setaman, ratus, air, dan minyak pusaka. Jamasan berlangsung 30 menit dengan membersihkan seluruh bagian Kyai Pamot. Selama ritual berlangsung, abdi dalem memanjatkan doa-doa.

Jamasan Kyai Pamot berlangsung sekitar 30 menit dengan membersihkan seluruh bagian keris itu.

“Ritual ini simbol meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar masyarakat Bumi Intanpari selalu diberi ketentraman, keselamatan dan kemakmuran,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge