0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rubah Pola Tanam, Berkah Bagi Petani

Petani cabai di Kecamatan Selogiri panen perdana (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sejumlah kelompok tani di wilayah Wonogiri kini mulai merubah pola tanam mereka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Sementara lokasi yang ditanami merupakan lahan yang memiliki cukup pengairan.

“Dalam setahun petani tidak lagi menanam padi dilanjutkan padi diteruskan padi. Banyak yang sudah mengubah menjadi padi-padi-cabai atau melon dan lainnya,” ungkap Anggota DPRD Wonogiri Bambang Sadriyanto di sela panen cabai di lahan Dusun Kadipaten, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Rabu (18/10).

Pola tanam itu, berhasil dengan adanya pengairan yang mencukupi,salah satunya

Di Kecamatan Selogiri misalnya, petani sudah banyak yang menerapkan pola tanam non padi-padi-padi. Sebagian sudah mengubah menjadi padi-padi-hortikultura. Hasilnya cukup menggembirakan, empat kali panen, seluruh modal tanam sudah kembali, bahkan sudah dapat menikmati untungnya.

Dia menyebut, beberapa kecamatan sudah memulai merubah pola tanam. Di Kecamatan Giriwoyo, petani mulai menekuni budidaya melon. Di Eromoko dan Wuryantoro, petani membudidayakan tanaman bawang merah dan tembakau.

“Ketika panen padi, harga gabah cenderung anjlok, kasihan petani. Tapi ketika panen komoditas lain, seperti cabai, harganya cenderung lebih baik, kan bisa buat tambal sulam,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge