0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Badan Standarisasi Nasional Resmikan SNI Corner di Perpustakaan UNS

(foto: Tyo Eka)

Solo – Badan Standarisasi Nasional (BSN) meresmikan SNI Corner atau Pojok Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) di Gedung UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Rabu (18/10). SNI Corner di UNS merupakan SNI Corner ke-25 yang didirikan BSN di Indonesia dan ke-7 yang didirikan di perguruan tinggi.

“SNI Corner di UNS merupakan salah satu bentuk tidak lanjut penandatanganan MoU kerja sama BSN dengan UNS No. 03/BSN/V/2014 & No. 5926/UN27/HK/2014,” ungkap Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni kepada wartawan.

Sejak penandatanganan MoU tersebut, UNS aktif mengisi kegiatan melalui kolaborasi dengan BSN dalam pengembangan dan penerapan standar.

“Dengan fasilitas ini diharapkan akses untuk memperoleh dokumen SNI dapat lebih mudah dan murah karena BSN memberikan 1.000 dokumen SNI secara gratis untuk dapat di akses oleh seluruh sivitas akademika UNS,” jelasnya.

Lebih lanjut Puji mengatakan, standarisasi menjadi bagian yang sangat penting untuk standarisasi internasional khususnya untuk perdagangan di Indonesia.

“Standar bukan hanya produk tapi juga pada proses, sistem, dan termasuk yang terbaru saat ini juga untuk jasa,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS mengemukakan, di bidang penerapan standar, UNS aktif melakukan kegiatan pendampingan untuk implementasi SNI melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.

“Saat ini untuk standarisasi, yang paling banyak maju memang bidang eksakta dan bidang teknik, tapi sebenarnya standarisasi tidak hanya berlaku untuk kedua bidang itu, tetapi bisa untuk berbagai bidang. Sehingga diharapkan bidang lainnya juga bisa ikut,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge