0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Tuan Rumah Silatda Ayo Mondok 2017 Jateng-DIY

Jumpa Pers Silatda Ayo Mondok (timlo.net/eko prasetyo)

Sukoharjo — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menjadi tuan rumah acara perdana Silaturahmi Daerah (Silatda) Ayo Mondok Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY). Silatda Ayo Mondok kali bertemakan Pesantren Pusat Pendidikan Karakter Nilai Luhur Bangsa dan Islam Moderat, berlangsung pada Selasa-Kamis, (17-19/10) di Kampus IAIN Sirakarta.

“Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nadlatul Ulama (RMI-NU) Jawa Tengah dan Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Surakarta. Dihadiri oleh 350 Pondok Pesantren se Jateng-DIY, 30 Pesantren dari DIY sisanya dari Jawa Tengah,” ungkap Sekretaris Jendral (Sekjen) RMI NU Jawa Tengah, Abu Choir, saat jumpa pers di Ruang Sidang Rektorat Lantai 1 IAIN Surakarta, Rabu (17/10) petang.

Lewat acara ini, kata Choir, diharapkan bisa muncul formulasi gerakan yang bersinergitas antara pesantren dan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI). Oleh karena itu kegiatan pada Silatda Ayo Mondok, ada seminar tentang pesantren dan layanan pendidikan untuk kelas menengah, workshop santri sadar investasi, dan diskusi tematik membahas berbagai tema sinergi pondok pesantren dan perguruan tinggi.

“Bahkan, juga membahas soal peran sosial ulama perempuan,” jelasnya.

Acara ini sebagai tindak lanjut dari Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Pasuruan, untuk mengembalikan peran pondok pesantren sebagai barometer pendidikan Islam di Indonesia. Mengingat, pesantren adalah embrio dari pendidikan Islam baik madrasah maupun perguruan tinggi agama Islam.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge