0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanpa Parpol Mau Nyalon Gubernur, Kantongi Dulu 1.781.606 Dukungan

Sosialisasi tata cara pendaftaran paslon perseoragan gubernur Jateng oleh KPU provinsi (timlo.net/raymond)

Karanganyar — KPU Jawa Tengah menetapkan minimal 1.781.606 dukungan harus disiapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang maju dari perseorangan atau tanpa pengusungan parpol. Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Divisi Hukum Mohamad Hakim Junaidi usai menyosialisasikan tata cara pendaftaran paslon gubernur/wagub jalur perseorangan di SFA Resto, Selasa (17/10).

”Bahwa untuk maju sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur (cagub-cawagub) tidak melulu melalui jalur partai. Bisa pula lewat jalur independen. Namun caranya tidak mudah. Di sini, kami ingin masyarakat mengetahui tata caranya,” katanya kepada wartawan.

Jumlah minimal syarat dukungan itu setara 6,5 persen dari data pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir di Jateng. Angka DPT pemilu terakhir di Jateng adalah 27.409.316 pemilih.

”Hasilnya, minimal didukung 1.781.606 orang yang tersebar di sekurang-kurangnya 18 kabupaten/kota di Jateng. Syarat dukungan itu dengan menunjukkan salinan KTP dan format yang ditentukan KPU kepada calon atau pasangan calon gubernur-wakil gubernur,” katanya.

Mengenai calon independen, Hakim mengatakan, ada beberapa kelompok yang mendatangi Help Desk KPU untuk menanyakan mekanisme apa saja yang harus ditempuh untuk mengajukan calon independen.  Namun dari semua itu, belum mengarah ke figur tertentu yang akan diajukan sebagai calon perseorangan dalam pemilihan Jateng 1 dan Jateng 2.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge