0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

27 Parpol Resmi Mendaftar KPU

(merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang pendaftaran Parpol untuk melengkapi syarat kelengkapan dokumen hingga Selasa (17/10). Selama waktu pendaftaran dibuka, dari 73 partai politik yang telah sah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, hanya 27 Parpol yang resmi mendaftar ke KPU. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan jumlah Parpol yang mendaftar ke KPU pada Pemilu 2014 lalu yakni 34 Parpol.

“Iya, benar. Kan sekarang kita mensyaratkan kelengkapannya di awal. Kemudian semua detail dan bisa dilihat, ini adalah sebagai indikator Parpol siap atau enggak jadi peserta Pemilu. Sebagai contoh harus ada di setiap provinsi, ada 75 persen Kab/Kota. Nah setiap Kab/Kota keanggotaan seribu atau seperseribu. Nah kalau hal itu saja tak terpenuhi kan tak bisa,” papar Komisioner KPU Viryan Azis di Jakarta Pusat, Selasa (17/10).

Mekanisme pendaftaran pun sama dengan Pemilu 2014 lalu, bedanya saat ini, KPU mewajibkan pendaftaran melalui tahap Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Dan itu merupakan kesiapan Parpol untuk mengikuti proses pendaftaran.

“Syarat sama, seperti Pemilu sebelumnya. Syarat gak ada yang beda, hanya saja ini pelaksanaannya di awal dengan Sipol sehingga di awal lebih tertib, kami pikir ini soal kesiapan parpol,” tutur Viryan.

Sementara hingga saat ini, terdapat 27 Parpol yang resmi mendaftar, Namun baru 10 Parpol yang sudah menyelesaikan pendaftaran dan dilanjutkan ke tahap penelitian administrasi.

10 Partai Politik yang dokumennya sudah diterima KPU ialah Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, dan PPP.

Sementara itu, sebanyak 17 Partai Politik lain yang telah mendaftar masih dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen.

Yaitu Partai Berkarya, Partai Republik, Partai Garuda, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Demokrat, PKB, Partai Rakyat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Idaman, PKPI, PIKA, PBB, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Parsindo, PNI Marhaenis, Partai Reformasi dan Partai Republikan.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge