0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Sukarelawan Bersihkan Sungai Jumog

Aktivitas kerja bakti membersihkan sedimentasi Sungai Jumog, Jaten (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 1.000 lebih sukarelawan bergotong royong membersihkan sedimentasi Sungai Jumog di Jaten, Minggu (15/10). Pembersihan sungai sepanjang 2,5 kilometer itu mengantisipasi banjir di perkampungan wilayah bantarannya yang kerap melanda di musim penghujan.

“Mumpung hujannya belum intens, saatnya meminimalisasi faktor pemicu banjir. Di Sungai Jumog, kondisinya kritis akibat endapan sampah dan material lainnya,” kata Camat Jaten, Aji Pratama Heru Kristanto kepada wartawan di sela kerja bakti.

Seribuan sukarelaan itu dari unsur TNI, Polri, relawan kebencanaan seperti personel SAR dan BPBD juga dari elemen masyarakat lainnya. Di Daerah Aliran Sungai (DAS) itu, para personel bekerja bakti di tiga etape mulai hulu Sungai Jumog. Mereka memungut sampah secara manual dari lokasi ke truk pengangkut menuju TPA Sukosari, Jumantono.

Pantauan Timlo.net, sampah rumah tangga mendominasi material penyumbat seperti kemasan plastik dan perkakas dapur. Fakta tersebut menunjukkan kesadaran warga rendah dalam mengelola limbahnya.

“Masih banyak yang membuang sampah ke sungai. Ini sangat disayangkan. Memicu banjir langganan di wilayah bantaran, terutama permukiman,” kata Aji.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge