0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Ketua TP PKK Karanganyar, Siti Khomsiyah (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) kembali disosialisasikan melalui berbagai kegiatan di Alun-alun Karanganyar, Minggu (15/10). Tim penggerak PKK mengajak semua kalangan membiasakan diri berperilaku hidup sehat dengan mengawalinya dari tangan yang higienis.

”Membudayakan CTPS sangat penting karena dari tangan semuanya masuk ke tubuh kita,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Karanganyar, Siti Khomsiyah kepada wartawan di sela acara CTPS 2017.

Acara yang diprakarsai oleh TP PKK Kabupaten Karanganyar menghadirkan seluruh kalangan, terutama kaum hawa selaku sosok utama di rumah tangga. Mereka diajari CTPS yang benar, yakni ambil sabun secukupnya kemudian diratakan di kedua tangan, gosok punggung tangan dan sela jari kiri dan kanan. Sedangkan untuk membersihkan kotoran kuku dengan menggosok ujung jari ditelapak tangan secara bergantian. Kemudian bilas air bersih yang mengalir dan keringkan dengan tisu.

“Meski sangat sepele, namun dampaknya sangat luar bisa. Kita bisa terhindar dari bakteri-bakteri. CTPS setelah buang air besar, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, sebelum memasak makanan dan sebelum menyusui,” katanya.

Ke depan, TP PKK mengusulkan fasilitas cucu tangan dengan air mengalir di kaasan kuliner alun-alun kota.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge