0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Hanya Seragam, TNI Hijaukan Bumi Sukowati

Kodim 0725/Sragen gelar tanam pohon serempak (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Jajaran Kodim 0725/Sragen melaksanakan Karya Bhakti Penghijauan di seluruh willayah Kabupaten Sragen. Kegiatan ini melibatkan ratusan anggota Kodim dan masyarakat yang dipimpin Danramil di wilayah masing-masing.

“Penghijauan ini dilaksanakan masih dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI. Tujuannya meningkatkan resapan air guna mengantisiasi bahaya banjir serta meningkatkan kualitas udara di masa mendatang,” kata Dandim 0725/Sragen, Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, Senin (16/10).

Seluruhnya ada 4.000 pohon yang ditanam di Bumi Sukowati yang tersebar di 20 kecamatan atau Koramil.  Salah satunya adalah Kecamatan Miri yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Sri Sadono, Desa Brojol.

Kegiatan yang dipimpin Danramil 16/Miri, Kapten Inf Prihatin Yudo Triwidodo diikuti Muspika, Pemdes dan masyarakat Desa Brojol. Yudo mengajak warga Desa Brojol dan Kecamatan Miri secara umum untuk peduli gerakan menanam sehingga kedepan dapat memberikan manfaat kepada anak cucu.

“Ini sekaligus untuk mengkampanyekan kepada warga agar gemar menanam pohon minimal dua pohon dalam satu rumah,” kata Yudo.

Pihaknya sengaja memberikan tanaman buah jambu mente, disesuaikan dengan jenis dan kontur tanah yang cocok.Harapannya desa tersebut nantinya bisa mempunyai komoditi unggulan dengan produk buah jambu mente.

Hal yang sama juga dilakukan Danramil 14/Mondokan, Kapten Inf Giri Basuki. Bersama anggotanya melakukan penghijauan di Bumi Perkemahan Panggung Sukowati, Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, yang dilaksanakan bersama Polri, perangkat desa, sekolah dan Ormas.

“Kegiatan ini untuk melindungi lahan kritis yang rawan longsor disekitar Buper,  mengamankan sebuah embung, dengan menanam pohon Mahoni, kelapa dan jambu mete. Kelak akan bermanfaat bagi penggunanya di kalangan Pramuka,” terang Kapten Giri.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge