0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Pesimis Target Penerimaan Pajak Tahun Ini Terealisasi

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Realisasi penerimaan pajak yang dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II sampai dengan periode akhir September tercatat baru sekitar 55,31 persen dari target. Minimnya penerimaan itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah serapan anggaran dari proyek pemerintah yang dianggap menurun.

“Target penerimaan kita pada tahun ini sebesar Rp 11,9 Triliun, namun baru terealisasi 55,31 persen atau sekitar 6,581 Triliun,” ujar Kepala Kanwil DJP Jawa tengah II, Rida Handanu kepada wartawan, Senin (16/10).

Jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya, Rida mengatakan realisasi penerimaan pajak pada periode berjalan tahun ini terjadi koreksi sekitar 10,73 persen. Hal itu dipicu karena pada September 2016, penerimaan pajak banyak ditopang dari program tax amnesty yang nilainya cukup besar.

“Kalau tanpa tax amnesty, penerimaan kita saat ini masih tumbuh sekitar 3 persen,” jelasnya.

Dengan masih rendahnya capaian penerimaan pajak yang dilakukan itu, menurut dia cukup sulit sepertinya bagi Kanwil DJP Jateng II untuk dapat mengejar target yang dicanangkan sebesar Rp 11,9 Triliun. Alasannya, karena penerimaan pajak dari proyek pemerintah yang dibiayai oleh APBD maupun APBN yang dikerjakan di daerahnya cenderung melambat. Ditambah masih cukup banyak temuan dari wajib pajak yang dulu ikut program tax amnesty tapi belum semuanya melakukan pelaporan secara benar.

“Sehingga berbagai upaya untuk mendongkrak penerimaan pajak saat ini terus kita lakukan. Termasuk melakukan pemeriksaan bagi para wajib pajak yang sebelumnya ikut maupun tidak ikut program tax amnesty,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge