0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Angka Lakalantas di Wonogiri, Ini yang Dilakukan Polisi

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dani Permana Putra saat jumpa pers dengan awak media di Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Gencarnya razia lalu lintas beberapa bulan belakangan ini diklaim mampu  menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Wonogiri Kota dan Ngadirojo. Sedangkan di sejumlah wilayah angka kecelakaan justru mengalami peningkatan.

“Sepekan saya menjabat Kasatlantas di sini, di Wonogiri dan Ngadirojo ada 6-7 kejadian Lakalantas. Setelah kita gencarkan razia , angka kecelakaan dapat kita tekan dan boleh dibilang saat ini sudah menurun,” beber Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora melalui Kasatlantas AKP Dani Permana Putra, Senin (16/10).

Pihaknya mengakui jika dalam upaya penegekan budaya tertib lalu lintas difokuskan di wilayah Wonogiri dan Ngadirojo. Sedang sejumlah daerah belum tersentuh. Menurut dia, razia tidak hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua saja, namun berlaku bagi semua kendaraan. Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat ini, razia bakal diintensifkan di wilayah timur yang berbatasan langsung dengan wilayah Jatim.

“Yang jelas, kita ingin budaya tertib berlalulintas itu bisa merasuk disemua kalangan masyarakat. Jangan hanya ketika ada polisi, pengendara patuh, tapi ketika petugas sudah pergi, mereka dengan seenaknya berkendara tanpa helm apalagi lampu merah diterabas,” kata mantan Kanit 7 PJR Kartasura itu.

Meski demikian, imbuh Kasat, dalam upaya penegakan displin berlalulintas di sejumlah daerah tersebut, tidak akan dilakukan serta merta. Melainkan, pihaknya bakal terlebih dahulu  melakukan semacam penelitian tentang karakteristik masyarakat setempat.

“Sedang kita godok, bagaimana caranya tidak ada benturan dan protes dari kalangan  masyarakat setempat. Selain itu, kita juga tidak ingin di mata mereka dipandang arogan dalam setiap penindakan, itu yang harus kita hapus,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge