0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seluruh Personel Kodim Disiapkan Hadapi Bencana Alam

Banjir di wilayah Grogol, Sukoharjo, beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kodim 0726/ Sukoharjo membentuk Satuan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) untuk mengantsipasi bencana yang dimungkinkan terjadi. Penangulangan bencana alam ini melibatkan seluruh anggota Kodim dan Koramil serta bekerjasama dengan instansi terkait.

“Hari ini kita awali dengan menggelar rapat kordinasi latihan penangulangan bencana yang diikuti 23 orang staf dan anggota Koramil. Rapat ini untuk membahas menguatkan koordinasi antar staf dan anggota terlih dahulu, baru nanti kalau internal sudah siap, akan berkordinasi dengan isntansi terkait,” kata Plh Dandim 0726/ Sukoharjo, Mayor Inf Nurul Muthahar, Senin (16/10).

Dalam rapat kali ini, juga disusun draf tugas dan tanggungjawab anggota dalam melaksanakan misi kemanusiaan penanggulangan bencana alam nantinya. Selain itu, juga diharapkan seluruh anggota yang terlibat mampu bekerjsama dengan sesama anggota maupun nantinya dari instansi di luar TNI.

Direncanakan, pada minggu ke-2 Bulan Desember mendatang akan dilakukan simulasi dan latihan penangulangan bencana banjir di Desa Pranan, Desa Laban dan Desa Tegalmade  yang menjadi langganan banjir. Masing-masing desa akan akan ada TPS (Tempat Penampungan Sementara), dimana Satuan tetangga akan ditempatkan di Desa Wirun.

“Komando Utama ditempatkan di Balai Desa Wirun yang dipimpin oleh Komandan Korem 074/Warastratama. Danramil yang memiliki wilayah yang digunakan untuk latihan penanggulangan bencana bertindak sebagai Dalwah (Pengendali Bawah),” tandasnya.

Sebagian wilayah di Sukoharjo sendiri selama ini ini menjadi daerah langganan banjir dari luapan Sungai Bengawan Solo setiap musim penghujan. Hampir dipastikan setiap tahun terjadi banjir, tekahir awal tahun 2017 terjadi banjir di sejumlah wilayah hilir, seperti Kecamatan Grogol, Kecamatan Mojolaban dan sebagian Kecamatan Polokarto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge