0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Profesor Ini Peringatkan Tentang Kiamat Antibiotik

(dok.merdeka.com)

Timlo.net—Profesor Dame Sally Davies berkata jika resistansi terhadap obat antibiotik meningkat maka obat itu tidak akan efektif lagi. Hal ini bisa menyebabkan bencana antibiotik, ujar pejabat kepala medis Inggris itu. Dia berkata kepada para pemimpin dunia jika mimpi buruk itu disebabkan oleh penggunaan antibiotik berlebihan secara massal, tulis The Sun.

Jika obat itu kehilangan kemampuannya melawan infeksi, operasi umum seperti caesar dan penggantian pinggul juga perawatan kanker akan menjadi lebih beresiko. “Kita benar-benar menghadapi sebuah masa pasca kiamat antibiotik yang menakutkan. Kita perlu melakukan pekerjaan nyata atau kita mengalami resiko berakhirnya pengobatan modern,” terang Dame Sally.

Para ahli sebelumnya memperingatkan tentang resistansi atau kekebalan terhadap obat anti mikroba. Resistansi itu dianggap sebagai ancaman yang lebih berbahaya dibandingkan kanker. Sekitar 700 ribu orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya karena infeksi yang muncul karena resistansi obat. Jika tidak ada tindakan yang diambil, resistansi obat akan membunuh sepuluh juta orang per tahun pada 2050.

Dame Sally berkata jika negara-negara lain menggunakan antibiotik lebih sering dibandingkan Inggris. Negara-negara tersebut harus mulai mengurangi penggunaan antibiotik. Pernyataannya itu muncul saat para petugas kesehatan di seluruh dunia berkumpul di Berlin, Jerman. Mereka mengumumkan proyek untuk memetakan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakter yang resistan terhadap obat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge