0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Akhir Pendaftaran ke KPU, Ini yang Dilakukan Parpol

Pencocokan dan penelitian berkas pendaftaran Parpol di KPU Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Parpol pemenang Pemilu 2014 maupun Parpol anyar berbondong-bondong menyetorkan data pendukung Sipol di hari-hari terakhir pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu Legislatif 2019 di KPU Karanganyar.

Namun, tak semuanya dinyatakan bersyarat lengkap. Hingga Minggu (15/10) siang, yang telah mendapatkan tanda terima alias pendaftarannya sah adalah Partai Perindo, Partai Gerindra, PKS dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

“Sedangkan Parpol lainnya dikembalikan berkas pendaftarannya karena belum sesuai sipol dari parpolnya di tingkat pusat,” kata Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan.

Selisih data antara Sipol dengan data pendukungnya menjadi alasan KPU tidak menerima pendaftaran tersebut. Parpol perlu memperbaiki data pendukung berupa KTP dan KTA anggota supaya jumlahnya sesuai daftar Sipol.

“Kebanyakan, persoalan pada Parpol di tingkat pusat yang belum mendaftarkan diri ke KPU pusat. Kami masih menunggu hingga tanggal penutupan pendaftaran Senin 16 Oktober pukul 24.00 WIB,” katanya.

Sejauh ini, KPU telah meminta beberapa Parpol untuk memperbaiki data pendukung pendaftarannya antara lain Partai Demokrat, PDIP dan Partai Nasdem. Berdasarkan aturan KPU, parpol sah menjadi peserta pemilu legislatif 2019 di Karanganyar apabila memiliki anggota minimal 896 orang. Jumlah itu setara seper seribu jumlah penduduk di Karanganyar.

Ketua DPD Nasdem Karanganyar Wardani mengatakan, upaya melengkapi berkas pendukung Sipol bukan hal sulit. Tinggal memfotokopi KTA dan KTP anggota saja.

“Yang kami sertakan saat ini baru 870. Sedangkan daftar Sipol PSI di Karanganyar 1.191,” jelasnya

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge