0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seperti Ini, Jika Terjadi ’Kebakaran’ di Rumah Sakit

Simulasi kebakaran di RS PKU Muhammadiyah Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Teriakan histeris pasien ruang rawat inap di lantai lima Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah, Solo, Minggu (15/10) siang. Alarm tanda bahaya kebakaran juga meraung-raung bersahutan dengan teriakan pasien yanh panik. Sontak, kondisi tersebut langsung membuat para dokter dan keluarga pasien dalam rumah sakit berhamburan dari gedung untuk menyelamatkan diri.

Regu penyelamat rumah sakit, melakukan evakuasi pasien yang masih tertinggal di ruang inap. Sedangkan, regu pemadam kebakaran (Damkar) Solo bersama dengan petugaa keamanan berupaya untuk memadamkan api.

Tapi jangan salah, peristiwa diataa bukanlah sebenarnya. Melainkan simulasi kebakaran yang dilaksanakan di rumah sakit tersebut.

“Tujuan simulasi ini untuk memberi kesigapan dan kesiapan bagi petugas rumah sakit dalam mengatasi bencana kebakaran,” terang Ketua Panitia Simulasi Penanganan Kebakaran, dr Dien Kalbu Ady kepada wartawan.

Ada sebanyak 135 peserta yang terlibat dalam simulasi tersebut. Simulasinyang diadakan, merupakan rangkaian pelatihan basic trauma cardiac life support (BTCLS) 2017.

“Total peserta ada 135 orang, mulai dari dokter, paramedis, non-medis, dan petugas,” katanya.

Sementara, Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo, dr Mardiatmo mengatakan, dengan simulasi yang diadakan diharapkan memberi kemampuan peserta jika terjadi bencana kebakaran.

“Kita tidak mengharap terjadinya kebakaran, melainkan lebih baik memiliki bekal ketimbang tidak sama sekali,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge