0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

51 Anggota Panwascam Dilantik

(Panwascam terpilih berfoto bersama stakeholdernya. (Foto:Raymond))

Karanganyar – Sebanyak 51 anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) pemilu dikukuhkan di Hotel Tamansari Karanganyar, Sabtu (14/10). Masing-masing kecamatan akan diampu tiga petugas tersebut dalam kegiatan pengawasan pemilu.

“75 persen yang dilantik ini merupakan wajah baru, sedangkan 25 persen sisanya pernah berkecimpung di badan pengawasan maupun penyelenggara pemilu periode lalu,” kata Ketua Panas Kabupaten Karanganyar, Kustawa kepada Timlo.net.

Mereka yang dilantik telah lolos penjaringan berjenjang yang dimulai seleksi administrasi pada Agustus lalu. Terdapat 163 lolos administrasi dari 173 pelamar. Dalam tes tertulis dan uji kelayakan serta kepatutan, 51 diantaranya terpilih.

“Tiga orang di tiap kecamatan. Jumlah 17 kecamatan, jadi total panwascam 51 orang,” katanya.

Setelah ini, panwascam diminta membentuk struktur pengurus terdiri ketua dan dua anggotanya. Mereka akan ditempatkan di kantor kecamatan dengan bantuan ASN sebagai sekretaris panwascam. Baru kemudian mulai menjaring pengawas pemilu lapangan (PPL) di tingkat desa.

“Masa kerja PPL 6 bulan jelang pemungutan suara. Satu orang per desa. Nantinya, ada lagi perekrutan seorang pengawas tiap TPS yang bertugas selama sebulan saat pemungutan suara,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge