0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai 19 Oktober, Pelanggar SSA Bakal Ditindak

Salah satu pengendara nekat menerobos SSA, memutar di perlintasan sebidang Jalan Veteran (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sistem satu arah (SSA) di Jalan Veteran Sragen yang diterapkan sejak 19 September lalu dinilai berhasil untuk mengatasi kemacetan di ruas jalan tersebut. Namun demikian masih banyak pengendara, terutama kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran dengan menerobos jalan satu arah tersebut.

“Masih banyak yang melanggar. Kendati sudah ada rambunya tetap menerobos. Atau mereka ada juga yang pura-pura tidak tahu. Banyak seperti itu,” kata anggota Satlantas Polres Sragen, Aiptu Bawani, Rabu (11/10).

Bawani menyampaikan, dia banyak menemui adanya pelanggaran di perlintasan sebidang Jalan Veteran. Lantaran ingin cepat, tidak jarang pengendara dari arah utara memutar berbalik arah dan melintasi Jalan Ahmad Yani.

Padahal Jalan Ahmad Yani sendiri juga berlaku SSA. Kemudian di sebelah timur alun-alun, banyak juga ditemui pengendara yang memutar untuk mencari jalan pintas.

Namun sejauh ini, karena masih masa sosialisasi, pihak Satlantas belum melakukan penindakan, para pelanggar hanya diberi teguran dan pengetahuan tentang berlakunya SSA tersebut.

“Tapi nanti setelah masa sosialisasi berakhir, mulai tanggal 19 Oktober baru kita adakan penindakan,” terang Bawani yang juga sebagai Baur STNK Satlantas Polres Sragen ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sragen, Muhari menyatakan, sesuai Permenhub No 22/2009, penindakan baru dilakukan terhitung 30 hari sejak pemasangan rambu.

“Pemasangan rambu tanggal 19 September, sehingga penindakannya nanti tanggal 19 Oktober,” katanya.

Muhari menyampaikan, sementara ini para pelanggar hanya diberi peringatan. Tapi kemungkinan juga bakal diadakan operasi oleh kepolisian. Bagi pelanggar yang tidak memiliki perlengkapan kendaraan, SIM, STNK dan lainnya tetap akan ditilang oleh petugas.

“Tapi kalau surat dan kendaraannya lengkap, kalau hanya salah arah hanya diperingatkan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge