0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terdampak Pembangunan Flyover Manahan, Ini yang Dilakukan Damkar

Kepala Pelaksana (Kalak) Damkar Solo Gatot Sutanto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo tengah mempertimbangkan pemindahan armadanya ke Lapangan Parkir Manahan Solo pada saat pelaksanaan pembangunan Flyover Manahan, November mendatang. Hal ini disebabkan lokasi posko Dinas Damkar yang terletak di Jl Yosodipuro, dipastikan terdampak kemacetan pembangunan tersebut.

“Kalau terdampak pasti. Tapi bisa kita siasati. Kemarin waktu ujicoba pelaksanaan rekayasa lalu lintas, kita adakan uji respon kebakaran dari posko, hasilnya cukup baik yakni waktu 11 menit, dengan standar 15 menit,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Damkar Solo Gatot Sutanto, Senin (9/10).

Meski begitu, Damkar tidak mau mengambil resiko dengan adanya kemacetan yang ditimbulkan akibat pembangunan yang akan mengganggu mobilitas personel pemadam kebakaran. Pihaknya akan mengantisipasi dampak kemacetan tersebut dengan menempatkan satu hingga dua armada mobil pemadam kebakaran untuk bersiaga di Lapangan Parkir Manahan.Selain itu pihaknya juga akan menyiagakan satu tim, lengkap dengan alat komunikasi yang berjaga di lokasi sementara itu.

“Teknisnya akan ada satu tim yang kita siapkan di Lapangan Parkir Manahan. Nantinya tim ini akan kita bekali dengan alat komunikasi sehibgga tetap bisa terhubung dengan posko induk. Tujuannya adalah agar gerak dari tim ini bisa lebih cepat mengakses bencana kebakaran di wilayah Solo utara,” terang Gatot.

Meski begitu, Gatot menjelaskan dirinya belum mengambil keputusan tentang peletakan armada ini. Beberapa pertimbangan masih akan dikoreksi.

“Rencananya seperti itu. Namun coba kita lihat lagi, apakah efektif atau tidak. Masih akan ada dua kali pelaksanaan simulasi rekayasa Lalu lintas, kami akan gunakan juga sebagai latihan respon cepat tanggap, kemudian akan kita evaluasi, dan akan kita putuskan apakah perlu satu armada kita tempatkan di Manahan atau tidak,” jelasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge