0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Kereta Api PSO Batal Naik

(Ilustrasi) Kereta api (dok.timlo.net/red)

Solo – Penyesuaian tarif kereta api (KA) ekonomi melalui public service obligation (PSO) yang sebelumnya diinformasikan akan naik pada awal tahun mendadak dibatalkan. Pembatalan tersebut dilakukan karena PT KAI dan Pemerintah berkomitmen ingin menjadikan moda transportasi KA tetap murah dan nyaman untuk masyarakat.

“Sebenarnya tidak ada alasan khusus. PT KAI dan Pemerintah hanya ingin memberikan tarif yang murah saja kepada masyarakat,” ujar Humas Manager PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto saat dihubungi wartawan, Rabu (4/10).

Selain itu, Eko menyebut pembatalan itu dilakukan karena moda transportasi KA sekarang ini sudah menjadi pilihan favorit masyarakat. Sehingga diharapkan, dengan tidak jadi dinaikannya tarif itu para pengguna atau masyarakat bisa semakin loyal terhadap layanan yang diberikan PT KAI.

“Dengan dibatalkannya penyesuaian tarif pada 20 KA PSO itu, PT KAI akan siap menanggung selisih atas pemberlakukan tarif lama atau sesuai yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 35 tahun 2016,” jelasnya.

Pemesanan KA PSO untuk keberangkatan pada awal tahun mendatang,lanjut Eko sudah bisa dilakukan pada 2 November 2017. Tiket tersebut bisa dibeli diseluruh chanel resmi penjualan PT KAI.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menginformasikan akan memberlakukan tarif tiket baru pada awal tahun mendatang. Perubahan tarif tiket untuk kereta api jarak menengah dan jauh tersebut menyusul adanya Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No.42/2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Eonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO). Penyesuaian tarif itu bervariasi, yaitu mulai Rp 1000-16.000.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge