0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Calon Panwascam Jalani Tes Narkoba, Ini Hasilnya

Calon Panwascam menjalani tes Narkoba di Klinik Bhayangkara Polresta Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Belasan calon Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) yang telah dinyatakan lolos tes wawancara wajib melampirkan keterangan bebas Narkoba. Ketentuan dan syarat wajib ini harus dipenuhi lantaran tugas yang mereka emban membutuhkan pemikiran jernih dan tidak terganggu secara akal.

“Kemarin mereka telah melakukan tes bebas dari zat berbahaya di Klinik Bhayangkara Solo. Hasilnya, tidak ada satupun yang terindikasi menggunakan Narkoba,” terang Ketua Panwaslu, Budi Wahyono, Rabu (4/9) siang.

Tes yang dilakukan, kata Budi, sudah menjadi instruksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dipilihnya Klinik Bhayangkara sebagai tempat tes Narkoba tersebut lantaran memudahkan para calon Panwascam.

“Biar lebih kompak, makanya bareng-bareng kesana,” terangnya.

Sementara itu, untuk pelantikan Panwascam pihaknya masih menunggu instruksi dari Bawaslu.

“Kemungkinan pelantikan Panwascam dijadwalkan pertengahan Oktober ini,” kata Budi.

Terpisah, anggota Paurkes Klinik Bhayangkara, Aiptu Lilik mengatakan, dalam tes narkoba yang dilakukan pihaknya mengukur enam parameter. Mulai dari amphetamine tes, cocaine tes, opiates tes, marijuana tes, methamphetamine tes hingga benzodiazephine tes. Hasilnya, dari 14 calon panwascam yang mengikuti tes narkoba dinyatakan negatif.

“Seluruhnya negatif menggunakan zat aditif,” terang Aiptu Lilik mewakili Kepala Klinik Bhayangkara, Ipda Dariman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge