0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertama Kali, Pagelaran Baratayudha Tujuh Malam Tujuh Dalang

Pagelan wayang kulit tujuh hari tujuh dalam,lakon hari pertama Krena Duta di Kebun Raya Indrakilo, Mojosongo (timlo.net/nanin)

Boyolali — Selama tujuh hari, Pemkab Boyolali mengelar pagelaran wayang kulit dengan lakon serial Baratayudha, perang antara Pandawa dan Kurawa. Pagelaran wayang kulit ini akan melibatkan tujuh dalang dan digelar di Kebun Raya Indrakilo, Mojosongo.

“Sengaja kita pilih kebun raya, sekaligus untuk memperkenalkan keberadaan kebun raya,yang masih dalam tahap pembangunan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, Darmanto, Selasa (3/10).

Selain itu, pagelaran wayang kulit ini sekaligus untuk nguri-nguri kesenian jawa yang telah diakui UNESCO. Pemkab juga ingin agar pagelaran ini bisa memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat. Untuk lakon hari pertama, yaitu Kresna Duta dengan dalang Ki Warjito Kliwir dari Ngemplak. Dalam lakon ini, Ki dalang juga menyelipkan pendidikan dan cinta tanah air.

“Tujuh dalang yang terlibat semuanya berasal dari Boyolali,” imbuhnya.

Sementara Bupati Boyolali, Seno Samudro, dalam sambutannya mengungkapkan hanya kabupaten Boyolali yang berani mementaskan lakon Baratayudha tujuh malam berturut-turut.

Sementara terkait dengan pembangunan Kebon Raya Indrakilo, proyek seluas sembilan hektar itu menghabiskan dana Rp 60 Miliar. Nantinya taman akan dilengkapi dengan patung satria Mahesa Jenar setinggi 17 meter.

“Nanti patung saya beri nama Sasrabirawa, nama ajian Mahesa Jenar,” ujarnya.

Untuk menambah daya tarik, taman akan dibangun artistik. Diantaranya dengan dilengkapi pembangunan kran air siap minum bagi pengunjung. Selain itu, mobil dan sepeda motor tidak boleh masuk di areal kebun dan disiapkan parkir khusus. Nantinya akan disiapkan sepeda onthel. Kebun raya juga akan dilengkapi dengan air terjun mirip Niagara.

“Nanti rencana akan diresmikan Ketua Kebun Raya Indonesia, Bu Mega (Megawati Soekarno Putro),” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge