0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kontes Ternak se Jateng Digelar di Boyolali

Ilustrasi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Ratusan peserta kontes ternak mulai berdatangan ke komplek Kabupaten Boyolali. Kontes ternak sendiri diikuti peternak sapi non perah, kambing dan ayam jantas. Peserta paling banyak adalah peternak sapi.

“Penjurian langsung kita lakukan hari ini, puncak acara besok pagi dibuka GubernurJateng,” kata Ketua Panitia, Ignasius Haryanta Nugraha, Selasa (3/10).

Untuk kategori kontes, meliputi sapi peranakan ongol (PO) pejantan dan induk, sapi PO calon pejantan dan sapi jantan penggemukan. Selain itu juga kategori kambing PE pejantan dan induk, kambing PE calon pejantan dan induk serta ayam jantan (bulu dan katuranggan).

“Gelar potensi peternakan Jawa Tengah tahun 2017 ini akan berlangsung selama dua hari, ada empat agenda kegiatan,” tambah Haryanta.

Empat agenda kegiatan tersebut meliputi, kontes ternak, festival SDGH (sumber daya genetik hewan), gebyar Upsus Siwab (upaya khusus sapi indukan wajib bunting) dan pameran produk peternakan. Festival sumber daya genetik hewan akan menampilkan potensi ternak lokal Jateng. Termasuk yang sudah mendapat penetapan rumpun galur ternak lokal Indonesia. Seperti sapi PO Kebumen, sapi Jabres, sapi Brangus (Sasra), Kerbau, Kelinci, kambing Kaligesing, kambing Kejobong, domba Batur, domba Wonosobo, itik Magelang, itik Tegal, dan lainnya.

Panitia juga mengelar pesta patok yang merupakan ajang pamer sapi unggulan bagi peternak sapi lokal Boyolali. Pesta patok diikuti 400-an ekor sapi.

“Sapi yang dipentaskan beratnya 7 kwintal hingga 1 ton,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge