0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persiapan Pemilu 2019, KPU Beri Toleransi Parpol

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Penyelenggaraan Pemilu 2019 memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) calon peserta. Pengurus parpol hingga tingkat kabupaten/kota wajib mengirimkan berkas daftar anggota dilampiri fotokopi bukti pendukung. Lantaran kondisi geografis wilayah Wonogiri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan toleransi dalam pengiriman berkas tersebut.

“Khusus Wonogiri yang memiliki wilayah cukup luas serta kondisi berbukit, ada toleransi bagi pengurus parpol untuk mengumpulkan fotokopi bukti pendukung. KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai bukti pendukung tidak perlu difotokopi secara fisik. Melainkan bisa dikirim fotonya melalui media sosial (medsos),” ungkap Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Senin (2/10).

Ia menyebut, cara seperi itu diperbolehkan. Pihaknya menyadari wilayah Wonogiri sangat luas dan membutuhkan waktu lama untuk mengambil bukti pendukung sekaligus memfotokopinya. Menurutnya, berkas nantinya dilampiri fotokopi KTP dan KTA anggota. Penyerahan berkas pada tanggal 13 hingga 16 Oktober tahun ini. Berkas nantinya diperiksa secara administratif , selanjutnya dilakukan verifikasi.

“Tahapan ini untuk menentukan parpol itu berhak atau tidak menjadi peserta pemilu. Memang hal itu merupakan urusan antara pengurus pusat parpol dengan KPU pusat. Tapi pengurus parpol di daerah wajib menyerahkan berkas sebagai dukungan penguat bagi pengurus pusatnya,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini ada 15 parpol baru di Wonogiri. Tiga diantaranya tergolong baru. Parpol baru tersebut juga dikenai kewajiban sama seperti parpol lama terkait penyerahan berkas daftar anggota.

“Nanti juga ada kesempatan pembetulan jika terjadi kekeliruan. Kami juga membuka helpdesk sebagai tempat berkonsultasi dan berkomunikasi antara parpol dengan kami,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge