0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lembaga yang Mengurus Keraton Bertambah Lagi

Subagyo HS memberi keterangan kepada wartawan usai penandatanganan perjanjian damai di Sasana Putra, Sabtu (24/6) dini hari. (timlo.net/ichsan rosyid)

SoloBebadan (Struktur Kepengurusan) Keraton Surakarta belum lagi final, Keraton justru membentuk Tim Asistensi. Tim versi keraton ini bersama Tim Asistensi dari Pemerintah akan merumuskan pola pengelolaan bersama Pemerintah-Keraton atas kawasan cagar budaya Keraton Surakarta. Dengan tim ini, jumlah lembaga yang dibentuk khusus untuk mengurus Keraton Surakarta menjadi empat lembaga.

“Sudah dibentuk sejak rapat bulan lalu di Jakarta,” kata Dewan Pertimbangan Presiden, Subagyo Hadi Siswoyo saat ditemui wartawan usai rapat di Talang Paten, Senin (2/10).

Tim Asistensi bentukan Pakubuwana XIII Hangabehi itu berisikan orang-orang yang ditujuk raja untuk duduk bersama Tim Asistensi dari Pemerintah membicarakan pengelolaan Keraton. Diketuai KGPH Benowo, Tim Asistensi dari Keraton akan diambil sumpahnya Minggu (8/10) besok.

“Yang memilih Sinuhun, yang melantik Sinuhun sendiri,” tegas Subagyo.

Dengan adanya lembaga baru ini, jumlah lembaga yang terlibat dalam pengelolaan Keraton Surakarta bertambah satu lagi. Sebelumnya, sudah ada Tim Asistensi yang terdiri dari Wantimpres Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pariwisata, Pemprov Jawa Tengah, dan Pemkot Solo.

Selanjutnya ada Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang baranggotakan orang-orang dari kementerian yang sama dengan Tim Asistensi bentukan Pemerintah. Lalu ada Bebadan Keraton yang hingga kini tak kunjung dilantik Sinuhun.

Subagyo menampik banyaknya lembaga yang terlibat akan memperumit pengelolaan.

“Tugas dan fungsinya kan sendiri-sendiri,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge