0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebanyak 50 Persen Orang Berhenti Merokok Karena Olahraga Ini

Ilustrasi Antirokok (merdeka.com)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru mengungkapkan jika berlari menolong orang berhenti merokok lebih cepat. Para peneliti Kanada menemukan jika 50 persen perokok yang bergabung dengan kelompok pelari selama 10 minggu berhenti merokok dengan sukses.

Selama penelitian itu, 168 orang perokok mendaftar program the 2016 Run to Quit yang diadakan di toko-toko Running Room. Sesi yang diadakan selama berminggu-minggu mencampur lari dengan strategi berhenti merokok. Para peserta memiliki target mengikuti lomba lari 5k.

Pemimpin penelitian Carly Priebe, mahasiswa pasca doktoral di University of British Columbia jurusan kinesiologi berkata, “Hal ini menunjukkan aktivitas fisik bisa menjadi alat bantu untuk berhenti merokok dengan sukses dan program berbasis komunitas mungkin bisa menawarkan itu. Karena melakukan hal itu sendirian sangat sulit.”

Para peneliti mengecek para peserta enam bulan kemudian dan menemukan jika mereka yang berhenti merokok tetap bersih dari kebiasaan itu. Selain itu, 91 persen orang ikut program Run to Quit mengurangi konsumsi rokok mereka.

“Bahkan saat seseorang tidak bisa benar-benar berhenti, mengurangi rokok sudah cukup baik. Tapi hal ini juga tentang menjadi aktif. Kebanyakan peserta penelitian baru mencoba berlari dan jika hal itu bisa menjadi bagian dari gaya hidup mereka maka manfaat kesehatannya bisa melawan perilaku merokok mereka,” tambah Dr. Carly.

Para peneliti berharap memperluas program itu di seluruh negara. Saat ini program itu baru tersedia di 50 lokasi. “Di masa mendatang apa yang kami tekankan adalah para peserta untuk terus datang bahkan jika Anda bisa berhenti saat pertama mencoba, terus hadir di program dengan kelompok dan terus belajar,” ujarnya dilansir oleh Daily Star.

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge