0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Daftar Tunggu E-KTP Capai Puluhan Ribu, Pemohon Pemula Diprioritaskan

(Ilustrasi) Warga antri membuat e-KTP (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Meski ada penambahan blangko e-KTP pada Selasa(26/9), Disdukcapil Wonogiri lebih mengutamakan melayani para pemohon pemula terlebih dahulu. Daftar tunggu cetak e-KTP di Wonogiri hingga saat ini mencapai puluhan ribu.

“Ada penambahan sekitar 2000 keping. Tapi daftar tunggu cetak e-KTP saat ini mencapai 54 ribu keping. Perinciannya 45 ribu keping ganti elemen dan 9000 ribu keping pemohon pemula (PRR). Tapi pemohon pemula ini sudah rekam data,” ungkap Kepala Disdukcapil Wonogiri, Sungkono, Rabu (27/9).

Tambahan blangko e-KTP  beber Sungkono sebanyak 2.000 keping tiba di Wonogiri pada Selasa (26/9) sore. Jumlah tersebut menurut Sungkono jauh dari kata cukup jika dibandingkan jumlah total kebutuhan blangko e-KTP di Wonogiri yang mencapai 54 ribu keping. Oleh sebab itu, blangko yang jumlahnya terbatas itu bakal didistribusikan kepada pemohon pemula lebih dulu sesuai dengan nomor antrean. Hal itu sudah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat. Karena pemohon pemula belumlah memiliki e-KTP.

“Jumlah pemohon pemula saat ini mengalami penurunan dibandingkan Maret lalu. Dimana saat itu, mencapai 19 ribu orang. Namun, sudah berkurang dengan datangnya blangko secara bertahap sebanyak 12.500 keping. Sehingga menyisakan 6.500-an orang. Tetapi semakin lama kan pemohonnya semakin meningkat sehingga menjadi 9.000-an orang,” tegasnya.

Ditambahkan, dari  jumlah 45 ribu pemohan yang ganti elemen, ia beralasan sebagian besar karena ada perubahan status, seperti menikah atau pindah alamat tinggal dan juga akibat hilang. Meski demikian,yang hilang belum masuk atau terhitung dalam daftar antrean cetak.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge