0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, Wanita di Arab Saudi Boleh Menyetir Mobil

Wanita Arab mengemudi. (dok: timlo.net/ gulf-insider.com)

Timlo.net—Wanita akan dibolehkan mengemudikan mobil untuk pertama kalinya di Arab Saudi tahun depan. Pengumuman ini menandai perkembangan hak wanita yang signifikan di kerajaan konservatif itu.

Bila para wanita di negara-negara Muslim lainnya bisa mengemudi dengan bebas, larangan di Arab Saudi seringkali dikritik masyarakat dunia selama bertahun-tahun. Menurut Fox News, tidak ada larangan wanita untuk mengemudi secara khusus dalam hukum Islam atau undang-undang lalu lintas di negara itu. Tapi para wanita di sana kesulitan memperoleh surat izin mengemudi (SIM). Mereka juga ditahan jika mencoba mengemudikan mobil.

Pangeran Khaled bin Salman, duta besar Arab Saudi untuk Washington, Amerika Serikat (AS) dan putera raja berkata, Selasa (26/9) berkata jika mengizinkan wanita mengemudi adalah sebuah langkah besar. Dia menambahkan masyarakat sekarang siap.

“Inilah waktu yang tepat untuk melakukan hal yang tepat,” katanya kepada para wartawan di (AS). Para wanita akan diizinkan mengikuti pendaftaran SIM tanpa perlu izin dari kerabat pria.

Pengumuman itu muncul dalam bentuk keputusan kerajaan, dilaporkan Selasa (26/9) dini hari oleh Saudi Press Agency dan stasiun TV milik pemerintah. “Saya sangat gembira. Hal ini adalah sebuah langkah maju yang baik untuk hak-hak wanita,” kata Aziza Youssef, seorang profesor di King Saud University dan salah satu aktivis hak wanita paling vokal di negara itu. Berbicara kepada The Associated Press di Riyadh, dia berkata sekarang para wanita di negara itu merasa bahagia. Perubahan ini dianggap sebagai langkah awal dari  hak-hak lainnya yang ingin diperoleh para wanita di sana.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge