0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Merti Desa Mojosongo Digelar Meriah, Ini Acaranya

Lurah Mojosongo, Agus Triyono (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —¬†Tradisi Merti Desa diselenggarakan meriah oleh masyarakat Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo. Tak tanggung-tanggung agenda yang dilaksanakan setiap tahun tersebut, digelar selama sepekan.

“Sudah mulai. Dari Senin-Minggu (25/9-1/10). Nantinya akan banyak kegiatan yang kita laksanakan yang pastinya melibatkan masyarakat semua lapisan yang ada di Kelurahan Mojosongo,” ungkap Lurah Mojosongo, Agus Triyono, Rabu (27/9).

Dikatakan, Merti Desa selain sebagai upaya merawat tradisi yang baik di tengah masyarakat, juga sebagai upaya untuk menggugah kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat. Karenanya kegiatan seperti kerja bakti, lomba kebersihan antar kampung, hingga olahraga bersama menjadi pokok dalam penyelenggaraan upacara Merti Desa.

Kelurahan Mojosongo dikenal dengan banyaknya perumahan dengan sistem kluster. Hal ini sangat memungkinkan tumbuhnya sikap-sikap individualis dan acuh tak acuh. Namun dengan kegiatan-kegiatan yang digelar, diharapkan masyarakat bisa berbaur dan bergaul sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan.

“Sikap-sikap individualis ini kita kikis dengan menggelar kegiatan bersama. Sehingga masyarakat bisa bergaul, bahkan mungkin bisa terjalin kerjasama karena mengetahui potensi unggulan masing-masing,” terang Lurah Agus.

Sementara Ketua Panitia Merti Desa Mojosongo, Dodi Sudarsono menyampaikan, dalam Merti Desa kali ini, semua potensi yang ada di Mojosongo akan ditampilkan. Potensi seperti pembuatan kerajinan sangkar burung, kuliner, dan sanggar kesenian ditampilkan secara merata.

“Setiap potensi kesenian dan UKM yang kita punyai kita keluarkan, kita juga melibatkan kelompok-kelompok seni yang ada, dari potensi ekonomi budaya semuanya ada,” ungkapnya.

Beberapa acara yang digelar diantaranya pertunjukan wayang kulit, lomba tumpeng, bazar potensi lokal, dan puncak acara akan digelar pada hari Minggu (1/10) dengan menggelar Larung Sukerto di Kampung Kedung Tungkul yang berbatasan langsung dengan Kali Anyar.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge