0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BKK Karangmalang Salurkan 15 Tangki Air Bersih

Bantuan air bersih BKK Karangmalang di Desa Galeh, Kecamatan Tangen, Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – BKK Karangmalang Sragen memberikan bantuan air bersih sebanyak 15 tangki bagi warga di utara Bengawan Solo yang masih mengalami kekeringan. Setidaknya ada 12 RT di Desa Galeh, Kecamatan Tangen masih membutuhkan bantuan air bersih.

“Ini merupakan bantuan CSR dari BKK Karangmalang untuk daerah yang mengalami kekeringan. Salah satunya di Desa Galeh, Kecamatan Tangen ini sebanyak delapan tangki air bersih,” kata Dirut BPR BKK Karangmalang, Raji, Selasa (26/9).

Menurutnya, total ada 15 tangki air bersih yang disalurkan untuk dua kecamatan, yaitu Tangen dan Jenar. Untuk Kecamatan Tangen sebanyak delapan tangki diberikan di Desa Galeh. Sedangkan tujuh tangki sisanya bakal diberikan di Desa Banyurip dan Dawung, Kecamatan Jenar.

Kalau memungkinkan, melihat kondisi musim kemarau saat ini pihaknya bakal terus memberikan bantuan. Langkah tersebut diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat di Tangen dan Jenar dalam kebutuhan air bersih.

“Kalau Oktober ini belum hujan nanti bisa kita programkan berikutnya. Setidaknya bisa memberikan keringanan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Desa Galeh, Triyono menyampaikan, di saat musim kemarau warga mengambil air dari belik yang ada di sawah-sawah. Sementara untuk sumur dalam sendiri di samping tidak mencukupi airnya keruh dan rasanya asin.

“Kemarin waktu bikin Pamsimas sudah lima sampai enam kali tapi debet airnya kurang. Harapannya nanti setelah tahun 2017, kalau lima Pamsimas sudah berfungsi, kita tak lagi mengharapkan bantuan dari masyarakat,” katanya.

Triyono menjelaskan, setidaknya ada 10 hingga 12 RT dari dua kebayanan di Desa Galeh yang mengalami krisis air bersih. Masing-masing RT ada sekitar 60 KK yang sampai sekarang masih terus membutuhkan bantuan air bersih.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge