0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Ngeyel Buang Sampah di TPS Mojosongo akan Dibina

Lurah Mojosongo, Jebres, Solo Agus Triyono (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Lurah Mojosongo, Jebres, Solo Agus Triyono geram dengan perilaku warga yang masih membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Lapangan Mojosongo. Padahal, TPS tersebut telah dibongkar beberapa waktu yang lalu. Saking geramnya, Lurah Agus sampai menyiagakan personel Linmas guna mengatasi masyarakat yang ngeyel.

“Saya siagakan Linmas. Padahal itu saya setiap datang rapat warga, sudah saya minta untuk mengeluarkan sampahnya kalau malam. Sehingga bisa diambil TPS Mobile pada pagi harinya. Eh, kok ya tetap masih ada yang ngeyel,” kata dia, Senin (25/9).

Kesadaran masyarakat dalam Perilaku Hidup Besih Sehat (PHBS) di Kelurahan Mojosongo ternyata tidak berbanding lurus dengan peringkat Kelurahan Mojosongo yang memperoleh predikat lima besar PHBS Nasional.

“Kan kita juga malu dong. Apalagi itu ada yang membuang brangkal bekas gempuran bangunan. Kok ya tegel gitu lho,” katanya kesal.

Padahal, kata Agus, masyarakat sudah diberi kesempatan untuk membuang sampah di Kedung Tungkul pada pagi hari, dan di Lapangan Mojosongo pada siang hari. Dirinya meminta petugas TPS Mobile untuk ngetem beberapa saat di lokasi tersebut untuk menunggu masyarakat yang hendak membuang sampah.

“Itu kan sudah kita fasilitasi, kalau misalnya telat membuang sampah pada pagi hari, bisa ke lokasi Kedung Tungkul atau Lapangan Mojosongo, kan TPS Mobile kita ngetem disana. Kalau terpaksa masih ketinggalan TPS Mobile, bisa langsung ke Putri Cempo, kan juga dekat, gitu kok masih ngeyel,” kata dia.

Dikatakan bahwa dirinya meminta Linmas untuk bertindak tegas terhadap masyarakat yang nekat membuang sampah di TPS Lapangan Mojosongo.

“Saya minta, kalau ketahuan, oknum tidak bertanggung jawab ini dibawa ke kelurahan, akan kita bina.” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge