0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Cara Kerja Copet Lintas Provinsi Beroperasi

Pelaku memeragakan aksi pencurian yang mereka lakukan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dalam menjalankan aksi kejahatannya, komplotan cobet yang dibekuk oleh Unit Reskrim Polsek Serengan tergolong lihai. Mereka memiliki tugas masing-masing agar ‘operasi’ yang dilancarkan membuahkan hasil.

“Tiga tersangka ini satu kelompok. Tapi, tak jarang juga mereka berganti pasangan. Meski begitu, saat melancarkan aksi terhadap korban Nila Ningrum (26) saat berada di atas Bus Raya jurusan Pacitan – Solo mereka bekerjasama,” jelas Kapolsek Serengan, Kompol Giyono, Jumat (22/9) siang.

Dalam melancarkan aksinya, Joko (39) bertugas sebagai pengalih perhatian dengan cara memepet korban. Sedangkan, Mulut (43) bertugas sebagai ‘pemetik’ atau eksekutor aksi pencopetan. Dan terakhir, Muji Lesmono alias Mono (40) sebagai pengambil barang curian setelah berhasil dikeluarkan dalam tas.

“Jadi ketiga tersangka ini menyasar korban yang lengah saat berada dalam bus. Saat itulah, salah seorang merogoh tas dan mengeluarkan barang berharga. Setelah barang berharga itu berhasil dikeluakan langsung dioper. Agar korban tak curiga, ada juga yang mengalihkan perhatiannya,” jelas Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, komplotan tersebut telah beraksi di berbagai lokasi. Sasaran utamanya adalah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Solo-Pacitan maupun Yogya-Surabaya.

Dalam melancarkan aksinya, mereka selalu memakai topi, jaket dan tas agar tak mudah dikenali. Namun, ibarat kata pepatah sepanda-pandai tupai melompat, akan jatuh juga.

“Komplotan ini berhasil ditangkap saat mengambil uang di ATM milik korban pencopetan. Di kartu ATM, korban menyertakan nomor pin sehingga pelaku dengna mudah menguras tabungan korban senilai Rp 5 juta. Setelah ditelusuri, akhirnya ketiga pelaku berhasil dibekuk,” ungkap Kapolsek.

Seperti diketahui, Tiga komplotan copet berhasil digulung unit Reskrim Polsek Serengan, Kamis (21/9). Ketiga tersangka yang berhasil dibekuk ini kerap beraksi diatas bus AKAP jurusan Solo-Pacitan ataupun Yogya- Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge