0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Rute Kirab dan Kantong Parkir Malam 1 Suro

GPH Benowo memberikan keterangan pers terkait Malam 1 Suro (timlo.net/heru gembul)

Solo — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memastikan upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Suro akan dilaksanakan Kamis (21/9) malam. Sedikitnya, tujuh pusaka dipastikan diarak berdampingan dengan tujuh kerbau Kyai Slamet (Kebo Bule) pada pelaksanaannya.

“Kirab nanti akan didahului dengan doa-doa terlebih dahulu yang diikuti Sinuhun, sentana dalem, dan abdi dalem,” ungkap GPH Benowo, Kamis (21/9).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rute yang akan dilewati pada pelaksanaan kirab pusaka malam satu Suro tahun ini adalah mulai dari pintu utama Keraton, rombongan kirab mengawali star dari Kori Kamandungan melalui supit urang, alun-alun utara, menuju kawasan gladak dan kemudian belok ketimur setelah tiba di simpang empat Jl Jendral Sudirman.

Rombongan melanjutkan untuk melewati kawasan Jl Mayor Kusmanto menuju Jl Kapten Mulyadi, Jl Veteran kemudian belok ke utara menuju kawasan Nonongan dan kembali ke Jalan Slamet Riyadi sebelum bertolak menuju Keraton Kasunanan.

Dikatakan, bahwa akan ada kejutan pada pelaksanaan kirab kali ini. Hanya saja dirinya belum mau menyebutkan kejutan tersebut secara rinci.

“Kejutannya apa, ini soal jumlah pusaka. Selama ini yang dikirab hanya itu-itu saja. Padahal jumlah pusaka keraton kan banyak. Saya usulkan yang di kirab, lebih dari 20 pusaka.” kata dia.

Sementara Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Sri Baskoro mengatakan, telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dan kantong parkir. Beberapa diantaranya seperti sebagian kantung parkir di Jl Slamet Riyadi, Nonongan, Jl Arifin, Jl Mayor Sutaryo, Jl Slamet Pranoto, Alun-Alun Selatan/Utara, halaman Benteng Vastenburg, dan halaman Balaikota.

“Kalau kawasan yang akan steril dari lalu lintas maupun parkir adalah di depan Kori Kamandungan dan penutupan di supit urang,” ujar Sri Baskoro.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge