0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lomba LBS, Buran Diunggulkan

Fashion Show hasil pengolahan sampah Desa Buran yang merupakan hasil karya Ibu-Ibu PKK Desa Buran (foto: ist)

Karanganyar – Kabupaten Karanganyar mengandalkan Desa Buran, Tasikmadu memenangi lomba lingkungan bersih dan sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Desa ini menerapkan slogan Reuse, Reduce dan Recycle dan memiliki tempat pengolahan sampah terpadu (TPST 3R).

“Kabupaten Karanganyar terpilih masuk nominasi bersama 2 Kabupaten lainnya, yaitu Kabupaten Demak dan Kabupaten Banyumas berdasarkan penilaian administratif Dari 3 nominasi tersebut akan dipilih satu pemenang mewakili Propinsi Jawa Tengah maju dalam lomba yang sama ditingkat nasional,” ujar Ketua Tim verifikasi dari Provinsi Jateng, Elly Sugardini dalam sambutannya di lokasi penilaian, baru-baru ini.

Tim verifikasi dari Propinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3A DALDUK KB), Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil), Dinas Lingkungah Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Pokja 4 TP. PKK Propinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi lapangan. Mereka diterima Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar sebelum meninjau lokasi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KabupatenKaranganyar, Heru Purwoto mengatakan bank sampah di Buran sebagai salah satu andalan di Karanganyar. Pengelolaan sampah di Buran termasuk kategori tempat pengelolaan sampah [TPS] Reuse, Reduce, dan Recycle [3R].

“Buran sudah bisa dikatakan desa mandiri sampah. Sudah banyak kabupaten/kota berkunjung ke Buran. Mereka belajar pengelolaan sampah,” tutur dia.

Selain Buran, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu juga menerapkan pengelolaan sampah TPS 3R. Pemkab ambil bagian pemberian bantuan sarana dan prasarana pendukung pengelolaan sampah, seperti kendaraan roda tiga, bangunan, dan lain-lain.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge