0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tradisi Sedekah Gunung, Warga Merapi Larung Kepala Kerbau

Tradisi sedekah gunung,ditandai dengan melarung kepala kerbau ke pasar bubrah Gunung Merapi (foto: Nanin)

Boyolali – Warga Lereng Gunung Merapi, mengelar tradisi sedekah gunung malam satu Sura. Tradisi ini ditandai dengan melarung kepala kerbau ke Pasar Bubrah, Gunung Merapi. Larung sesaji kepala kerbau dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 4 kilometer.

Sebelum dilarung, sesaji kepala kerbau bersama tujuh gunungan nasi jagung dan hasil pertanian dikirab dari Balai Desa Lencoh menuju ke Joglo Selo. Saetelah dilakukan doa bersama, sesaji kepala kerbau yang dibungkus kain mori putih ditandu warga menuju ke Pasar Bubrah.

Sementara, tujuh gunungan nasi jagung dan pirantinya menjadi rebutan warga yang hadir diJoglo Selo. Bagi warga, gunungan ini ini sebagai bentuk ngalap berkah.

“Sebagian saya tanam di lahan, biar hasil panen melimpah,” ujar Waro, warga Lencoh,Selo.

Sementara terkait dengan sesaji kepala kerbau yang dilakukan tiap malam satu sura, agar warga terhindar dari marabahaya bila Merapi meletus. Selain itu juga wujud syukur atas panen yang melimpah.

“Tiap tahun kita gelar, sebagai bentuk terimakasih dan agar masyarakat terhindar dari bahaya,” jelas Sumardi, tokoh masyarakat setempat.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge