0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Minta Jangan Persulit Pengusaha Pendatang Baru

Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Kabinet Kerja diminta untuk memberikan kemudahan kepada pengusaha baru yang ingin berinovasi. Salah satu caranya memangkas regulasi yang mempersulit perizinan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, masyarakat harus diberikan keleluasaan untuk bereksperimentasi dalam berinovasi, terutama digital ekonomi.

“Karena inovasi memerlukan eksperimen. Hal-hal yang baru harus dicoba, dan ini memerlukan cost dan biaya. Berarti startup jangan dicekik dengan regulasi berlebihan,” ujar Jokowi saat membuka Indonesia Business & Development Expo di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/9).

Kepala Negara juga meminta agar para pengusaha tidak terlalu diatur-atur. Apalagi jika banyak aturan yang mengikat, maka akan mempersulit proses eksperimentasi berinovasi.

“Jangan terlalu diatur-atur. Negara kita terlalu banyak aturan, regulasi, menyebabkan kita terjerat aturan sendiri,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi membeberkan masih terdapat 42.000 aturan mengenai perizinan. Pemerintah sedang konsen memangkas aturan tersebut.

“Ini tugas saya untuk menggempur peraturan agar semakin sedikit dan lincah melakukan inovasi. Peraturann, peraturan, peraturan. Saya saja pusing, apalagi masyarakat,” sambungnya.

Sejalan dengan pemangkasan aturan yang mempersulit perizinan, pemerintah juga fokus pada pembangunan infrastruktur. Saat ini, pemerintah tengah fokus pada penguatan cyber security untuk menangkal kejahatan cyber yang terjadi belakangan ini.

“Jangan sampai kejadian aplikasi digital yang melumpuhkan jutaan pelanggan, dibobol dan data pelanggan dibocorkan dan dijual ke orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge