0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puncak Musim Kemarau, Puluhan Lahan Hutan Terbakar

Petugas dan relawan BPBD melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan di Kecamatan Selogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Selama puncak musim kemarau tercatat, ada puluhan lahan hutan di Wonogiri mengalami kebakaran. Ironisnya, mayoritas kejadian diduga kuat akibat kelalaian orang.
“Ada 10 titik kebakaran selama puncak musim kemarau ini,” terang Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Selasa (19/9).
Menurut dia, diduga kuat hal itu terjadi akibat kelalaian warga membakar saat sampah di lahan ataupun membuang puntung rokok sembarangan di kawasan pegunungan.
Titik kebakaran yang terjadi, lanjut mantan Camat Selogiri ini, diantaranya di Bendokerep, Giriwono, Kecamatan Wonogiri dan Bulu, Bulurejo, Nguntoronadi, Sabtu pekan lalu, kebakaran hutan kembali terjadi di Kedung Banteng, Sendangijo, Selogiri, Senin (18/9).
“Api menghanguskan lahan hutan rakyat dan negara seluas lebih kurang 7 hektare,” katanya.
Dikatakan, adakalanya tanpa sadar, warga yang  sengaja membakar sampah di lahan miliknya, yang kemudian merembet kelahan lainnya. Terlebih lagi, membuang puntung rokok sembarangan di kawasan pegunungan juga dapat memicu kebakaran. Ketika api membesar, warga setempat kebingungan memadamkannya, tak ayal Relawan BPBD dan petugas lainnya diterjunkan untuk upaya pemadaman.
“Kami berharap masyarakat berhati-hati, jangan bakar sampah sembarangan, paling tidak lihat dulu kondisi sekitar, cari tempat yang aman. Kalau melihat titik api di kawasan pegunungan segera dilaporkan,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge