0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Persiapan Tanggap Darurat Kekeringan di Karanganyar

Karanganyar — BPBD Karanganyar memastikan ancaman kekeringan masih bisa ditangani di wilayahnya. Meski demikian, langkah antisipasi tetap disiapkan.

“Kita butuh armada dropping air. Koordinasi dengan PMK, butuh 1 mobil tangki berkapasitas 5 ribu liter. Jika sewaktu-waktu wilayah meminta air bersih. Dropping air itu sesuai permintaan melalui kecamatan,” kata kepala pelaksana harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko di hadapan peserta rapat kebencanaan di podang 1 kompleks Setda, Senin (18/9).

Dalam forum itu dipaparkan ancaman kekeringan di puluhan dusun. Suplai air bersih seret diatasi dengan pembuatan sumur bor, beralih ke sendang atau mata air dan meminta bantuan air bersih kampung tetdekat.

Sementara itu Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Siti Maesyaroch menilai dampak kekeringan di Karanganyar dalam taraf wajar. Suplai air seret masih bisa diatasi.

“Kita siapkan dropping air jika diminta sesuai prosedur. Antisipasinya dilakukan sejak lama. Melalui pamsimas, pembuatan sumur bor artesis dan sebagainya. Paling-paling dampaknya pada pertanian, bukan pada konsumsi utama bagi manusia,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge