0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemegang KIA, Belanja di Tempat  Ini dapat Potongan Harga

Warga mengurus permohonan KIA di Kantor Dispendukcapil Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Permohonan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen  telah mencapai 4.623. Padahal KIA sendiri belum genap satu bulan sejak dilaunching oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada 24 Agustus lalu.

“Kita memakai sistem kolektif untuk pembuatannya, melalui sekolah-sekolah. Sekolah bisa mengajukan melalui UPTD setempat,” kata Sekretaris Dispendukcapil Sragen, Wahana Wijayanto, Selasa (19/9).

Saat ditemui di ruang kerjanya Wahana menyampaikan, jumlah anak di Kabupaten Sragen usia PAUD hingga SMP yang berhak mendapatkan KIA sekitar 230.000. Pihaknya sendiri sudah mendapat jatah blangko KIA dari pemerintah pusat sebanyak 42.777. Jumlah tersebut sementara ini masih mencukupi untuk memenuhi permintaan KIA dari warga di 20 kecamatan.

Sementara ini antusias warga yang mendaftarkan anaknya untuk memperoleh KIA didominasi dari Kecamatan Sragen dan Karangmalang. Tapi secara umum KIA telah tersebar di semua kecamatan di Sragen.

“Untuk mengajukan permohonan KIA tidak harus foto di sini (Dispendukcapil-Red). Nanti foto anaknya bisa dibawa dan kita cropping di sini sesuai ukuran,” terang Wahana.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan capaian, pihaknya telah merangkul tempat wisata, toko buku. apotek dan toko sepatu. Bagi anak yang telah memiliki KIA di tempat-tempat yang telah ditunjuk seperti Dayu Park, Apotek Surya dan Toko Sepatu Setia Sragen bakal mendapat potongan harga.

Wahana menambahkan, direncanakan pada Desember mendatang bakal ada mobil keliling di kecamatan-kecamatan untuk melayani pembuatan KIA. Sehingga bagi warga yang tinggal jauh dari Dispendukcapil bisa dilayani dengan mobil keliling tersebut.

“Tidak hanya KIA, tapi warga juga bisa mengurus surat-surat kependudukan yang lain,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge