0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tentang Penayangan Film Penumpasan PKI, Ini Penegasan Panglima TNI

Jenderal Gatot Nurmantyo (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pemutaran kembali film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI bertujuan menceritakan sejarah kelam bangsa Indonesia ke generasi muda. Hal itu bukan berarti ingin membangkitkan lagi kelompok itu maupun memecah belah NKRI.

“Saya yang memerintahkan kepada jajaran dan mengimbau masyarakat, untuk memutar film tersebut. Tujuannya bukan untuk mendiskreditkan. Tapi agar peristiwa itu diketahui generasi muda. Agar kita tidak terprovokasi lagi, tidak terpecah-pecah lagi. Sehingga jangan sampai tragedi itu terjadi pada zaman sekarang,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai berziarah ke makam Presiden RI kedua HM Soeharto, di kompleks makam Astana Giribangun di Kecamatan Matesih, Selasa (19/9).

Menurutnya, film itu berisi fakta sejarah dan penayangannya bermuatan pendidikan. Pengkhianatan PKI pada tahun 1965 merupakan fakta yang tidak boleh dihapus dari sejarah bangsa ini meski itu menyakitkan.

“Kalau tidak diingatkan bagaimana orang tahu kalau ada gerakan mengadu domba itu. Bangsa ini harus tetap membangun dengan tanpa melupakan sejarah. Yang lainnya bicara negatif, biarkan saja. Tujuan saya agar semua generasi memahami, bahwa kita pernah punya sejarah kelam dan jangan sampai sejarah itu terulang. Sebab sejarah cenderung berulang,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge