0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Kebakaran, Kapolres Blusukan ke Hutan Gunung Tunggangan

Patroli Kapolres Sragen bersama KSDA di kawasan hutan Gunung Tunggangan, Kecamatan Sambirejo, Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Polres Sragen bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Surakarta dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) menggelar patroli di kawasan Gunung Tunggangan, Dukuh Kembangan, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Patroli dilakukan menyusul terjadinya kebakaran kawasan tersebut pada Sabtu (15/9) lalu yang hampir menghanguskan 750 meter persegi.

“Sasaran patroli ini adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di kawasan hutan  Tunggangan,  lokasinya sangat terpencil berbatasan dengan wilayah Jawa Timur,” kata Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman, Selasa (19/9).

Arif Budiman mengungkapkan, pada musim kemarau panjang seperti saat ini masyarakat di sekitar hutan memiliki kebiasaan melakukan pembakaran semak-semak pekarangannya di bawah hutan jati. Kebiasaan tersebut sangat membahayakan bila sampai menjalar di kawasan hutan lindung.

“Karena bisa mematikan seluruh mikroorganisme serta ekologi hutan KSDA  dan pada gilirannya akan menurunkan kemampuan hutan untuk menahan air,“ terang Kapolres.

Dalam menggelar patroli itu, Kapolres dan petugas BKSDA serta MPP disertai Kepala Desa Jetis dan sejumlah warga. Mereka menyusuri hutan seluas sekitar 103,75 hektar tersebut. Kawasan KSDA Gunung Tunggangan sendiri merupakan daerah tangkapan dan penahanan air yang menjadi penyangga kebutuhan air  di Wilayah Sragen dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga memberi pengarahan kepada warga sekitar agar warga ikut berperan dalam menjaga kasawan hutan. Mengingat bahwa kawasan hutan ini sangat diperlukan dalam menjamin ketersediaan air.

 

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge