0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keluarga Besar TNI Ziarah Makam Pak Harto

Jenderal Gatot Nurmantyo dan rombonan disambut saat memasuki Astana Giribangun, Matesih (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Keluarga besar TNI berziarah ke makam presiden RI kedua, HM Soeharto di Astana Giribangun (AGB), Matesih, Selasa (19/9). Ziarah ke makam tokoh nasional merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-72 TNI.

“Tujuannya berdoa dan meneladani perjuangannya,” ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada wartawan mengutarakan maksud kedatangan keluarga besar TNI di AGB.

Beberapa pejabat TNI yang hadir, KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAL Laksamana Ade Supandi. Kemudian, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Tatang Sulaiman, juga Danjen Kopassus Mayjen Madsuni.

Ziarah di AGB merupakan kelanjutan agenda serupa setelah keluarga besar TNI berziarah di makam tokoh-tokoh nasional seperti Presiden Soekarno di Blitar dan Gus Dur di Tebuireng, Jombang, Jatim.

Gatot mengaku terkesan dari kunjungannya ke tiga makam mantan Presiden RI tersebut. Sebab, meskipun sudah wafat, ketiganya masih memberi penghidupan kepada banyak orang.

“Makamnya saja, sehari bisa diziarahi seribu orang. Itu ketiganya. Dari situ, tukang ojek dapat makan, tukang pecel dapat makan. Belum lagi rumah-rumah di sekitarnya yang disewakan untuk peziarah. Makamnya saja masih bisa memberi penghasilan ke masyarakat. Luar biasa,” tuturnya.

Bagi dirinya, sosok Soeharto merupakan teladan bagi prajurit. Semasa menjabat di angkatan darat, Soeharto menjadi panutan bagi anggota TNI.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge