0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teman-Teman di Facebook Bisa Sebabkan Kita Sakit?

Facebook (dok.timlo.net/facebook)

Timlo.net—Memiliki ratusan teman di Facebook mungkin terlihat Anda lebih populer. Tapi mereka juga bisa membuat Anda sakit. Para peneliti dari Regis University, Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS) menemukan jika para pengguna yang memiliki banyak teman di Facebook memiliki kesehatan yang lebih buruk. Kebanyakan dari mereka menderita infeksi pernafasan atas.

Resiko infeksi itu juga lebih tinggi untuk pengguna yang mengalami kegelisahan disebabkan Facebook. Bentuk kegelisahan itu adalah kuatir karena orang tidak menjawab pesan atau komentar. Juga karena orang lain tidak menerima permintaan pertemanan.

Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Computers in Human Behavior. “Para pengguna menunjukkan kegelisahan terkait penggunaan Facebook mereka lebih cenderung menunjukkan pola jumlah log in Facebook/ hari dan pola perilaku yang dihubungkan dengan kegelisahan itu dihubungkan dengan kesehatan yang lebih buruk,” tulis para peneliti dilansir dari Indy100.com.

Para peneliti menganalisa respon 89 mahasiswa yang menyelesaikan survei tentang kesehatan umum dan kebiasaan menggunakan Facebook. Mereka lalu melacak para responden selama 10 minggu untuk melihat adanya infeksi pernafasan atas. Hasilnya kegelisahan karena Facebook memicu infeksi dalam jumlah tinggi. Mereka yang memiliki lebih banyak teman Facebook mengalami kegelisahan dan stres dalam level yang lebih tinggi juga infeksi.

Penggunaan Facebook secara umum dan jumlah orang menghabiskan waktu di situs itu tidak berkaitan dengan masalah kesehatan di atas. Pemimpin penelitian Jay P. Campisi berkata kepada PsyPost: “Jika Anda mencari cara untuk tidak merasa kesepian atau lebih sehat, mungkin menatap layar ponsel atau layar komputer bukanlah jawabannya.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge