0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Lokakarya Pemasaran Produk Hasil Penelitian

Lokakarya Spin Off Pemasaran Produk Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Dunia Industri Melalui Pameran Internasional (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Lokakarya Spin Off Pemasaran Produk Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Dunia Industri Melalui Pameran Internasional, di Hotel Best Western.

“Lokakarya tersebut bertujuan untuk menciptakan iklim pengembangan inovasi teknologi dari produk hasil riset yang siap dikomersilkan dan dapat dipasarkan di masyarakat,” ungkap Ketua Pelaksana Endang Yuniastuti kepada wartawan, Jumat (15/9).

Selain itu, menurut Endang, agar mampu mengembangankan peran dan fungsi penelitian dalam penerapan dan penguasaan teknologi guna mewujudkan industri nasional yang kuat dan berdaya saing secara internasional, juga mampu meningkatkan semangat berkarya dan berinovasi teknologi sebagai ajang promosi hasil temuan riset unggulan perguruan tinggi ke dunia industri dan komersialisasi tingkat internasional.

Lokakarya ini mendatangkan dua narasumber dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNS, yakni masing-masing Kepala Bidang Akreditasi Produk, Pelatihan dan Personal, Donny Purnomo Januardhi Effyandono, dan Kepala BPU UNS Eddy Triharyanto.

Donny Purnomo memaparkan mengenai Standarisasi Nasional Produk yang siap dipasarkan. Tujuannya, agar diketahui produk yang sesuai dengan standar nasional yang nantinya siap untuk dipasarkan.

Sedang Eddy memaparkan pengenalan BPU dan hasil-hasil penelitian yang siap dihilirasi. Maksudnya, memperkenalkan kepada peserta lokakarya bahwa UNS mempunyai suatu badan yang bertugas untuk memberikan pelayanan dalam pengembangan unit usaha dan mengoptimalkan perolehan sumber-sumber pendanaan universitas bagi peneliti-peneliti yang produknya siap untuk dihilirisasi.

Menurut Endang, lokakarya ini diikuti  antara lain, BAPPEDA se eks Karesidenan Surakarta, peneliti-peneliti UNS, Dekan-Dekan Fakultas se UNS, Kepala-Kepala Pusat Studi di UNS.

..

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge