0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seorang Haji Tertinggal Dari Kloter 21, Ini Penyebabnya

Jemaah Haji Indonesia (merdeka.com)

Karanganyar — Seorang haji terpaksa menunda kepulangannya ke Tanah Suci lantaran harus dirawat di RS di Mekkah. Sedianya, ia pulang ke Tanah Air bersama rombongan kloter 21 pada Rabu (13/9).

“Yang turun dari kloter 21 kemarin 354 orang saja, karena seorang haji bernama Toyo Sunaryo (62) asal Colomadu sakit. Ia sebenarnya sudah masuk bandara, namun hasil pemeriksaan kesehatan tidak memungkinkan pemulangan,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar, Museri kepada wartawan, Kamis (15/9).

Ia ketahuan menderita sesak napas, anemia dan dehidrasi ketika diperiksa petugas jelang pemulangannya. Dia harus memulihkan kondisinya dulu, baru diikutkan ke rombongan selanjutnya yang memiliki kursi kosong di gelombang pertama pemulangan menuju Bandara Adi Soemarmo.

Sementara itu 354 haji asal kloter 21 tersebut diterima secara simbolis oleh Bupati Karanganyar dan jajarannya di asrama haji Donohudan usai mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC) pukul 16.24 WIB. Secara umum, ratusan haji lainnya dalam kondisi sehat meski awalnya mereka termasuk risiko tinggi (risti). Pengamatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) terhadap mereka menjadi tahap penting setelah tiba di Tanah Air.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge