0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tembakau Bisa Sebabkan Kebutaan

Petani Desa Borangan, Manisrenggo, Klaten menjemur hasil panen tembakau (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Timlo.net—Tembakau tidak hanya menyebabkan kanker, tapi konsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan. Seringkali kasus kebutaan karena tembakau tidak bisa dibalik, ujar para dokter di AIIMS (All India Institutes of Medical Sciences) dilansir oleh Times of India.

Beberapa penelitian telah menunjukkan perokok tembakau memiliki resiko lebih besar terkena katarak dibandingkan orang yang tidak merokok. Merokok atau mengunyah tembakau selama 5 hingga 10 tahun mempengaruhi saraf optik, yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

“Seringkali kasus-kasus kebutaan seperti ini tidak bisa diubah. Orang-orang tahu jika merokok menyebabkan penyakit jantung dan kanker, tapi kehilangan penglihatan dan masalah mata lainnya karena tembakau kurang begitu diketahui,” kata Dr. Atul Kumar, kepala Dr. R P Centre for Ophthalmic Sciences di AIIMS.

Dia berkata dari jumlah total kasus kebutaan yang dikabarkan oleh pusat kesehatan itu setiap tahunnya, 5 % disebabkan karena tembakau. Dia berkata AIIMS, bekerjasama dengan the Union Health Ministry, mengadakan survei National Blindness untuk mengumpulkan data tentang cacat visual dan kebutaan di negara itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge