0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fahd El Fouz Mengaku Ditekan Priyo Budi Santoso

Fahd Al Fouz (merdeka.com)

Timlo.net – Sidang korupsi proyek pengadaan Alquran di Kementerian Agama tahun anggaran 2011-2012, menghadirkan terdakwa Fahd El Fouz. Dalam sidang, Fahd mengaku jika perbuatannya itu atas tekanan Priyo Budi Santoso dan Zulkarnaen Djabar.

“Saya bukan pejabat negara. Saya hanya di bawah tekanan dan menjalankan tugas dan perintah atasan yaitu Priyo Budi Santoso dan Zulkarnaen Djabar,” ujar Fahd saat membacakan nota pembelaannya (pleidoi) di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Sebagai anggota ormas MKGR, Fahd mengatakan sudah menjadi kewajiban baginya patuh atas segala perintah pimpinan ketua umum. Kala itu, Fahd menyebut Zulkarnaen Djabar wakil ketua umum MKGR.

Selain Zulkarnaen, Fahd juga menganggap perintah Priyo juga wajib dipenuhi sebab kapasitasnya menjadi pimpinan ketua umum organisasi masyarakat tersebut.

“Kebiasaan tunduk dan patuh apa yang diputuskan pimpinan ketua umum MKGR Priyo Budi Santoso dan Zulkarnaen Djabar,” tandasnya.

Diketahui, putra almarhum artis senior A Rafiq itu dituntut jaksa penuntut umum KPK lima tahun penjara serta membayar denda atas perbutannya itu sebesar Rp 250 juta. Namun apabila tidak mampu membayar denda diganti dengan pidana penjara 6 bulan.

Pasal yang digunakan oleh jaksa terhadap Fahd adalah Pasal 12 huruf b. Pasal tersebut mengatur tentang penerimaan suap. Dalam kasus ini, Fahd menerima Rp 3.411.000.000 dari pengusaha bernama Abdul Kadir Alaydrus. Penerimaan dilakukan sebagai uang ‘kerja’ agar Fahd mengintervensi pejabat di Kementerian Agama untuk memenangkan perusahannya.

Intervensi pun berhasil dilakukan dengan penggarapan proyek pengadaan Alquran tahun anggaran 2011-2012. Sebelumnya, pengadilan Tipikor telah menjatuhkan vonis pidana penjara 15 tahun denda Rp 300 juta subsider 1 bulan kurungan untuk Zulkarnaen sedangkan untuk Dendy Prasetya dijatuhi vonis 8 tahun penjara denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan penjara.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge