0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Renovasi Pendapa Balaikota Solo Telan Dana Rp 2,4 Miliar

Proyek renovasi Pendaapi Gedhe Balaikota Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo merenovasi gedung Pendhapi Gedhe Balaikota Solo. Rencana tersebut disampaikan Walikota Solo sejak akhir tahun lalu untuk menimbulkan kesan terbuka di gedung yang menjadi wajah kantoran Pemkot Solo itu.

“Kita awali dengan penentuan area yang dikerjakan dan membangun pagar proyek,” kata pengawas proyek, Endro Gatot Santosa, Kamis (7/9).

Penelusuran Timlo.net di laman web Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Solo, proyek renovasi Pendhapi Gedhe Balaikota Solo menelan anggaran hingga Rp 2,4 miliar. Sampai saat ini, pekerjaan sudah berlangsung selama hampir dua pekan.

Menurut Endro, ada empat pekerjaan utama dari proyek renovasi Pendhapi Gedhe. Pertama, ia ditugasi membongkar gebyok alias tembok kayu di sekeliling pendapa. Pada saat yang bersamaan, pekerjaan kedua dan ketiga dimulai yaitu penggantian tangga keliling pendapa dan pembangunan gapura. Tangga keliling akan diganti dengan batu granit dan andesit. Sedangkan gapura akan dibangun di utara dan selatan pendapa. Pembangunan gapura di dua sisi pendapa ini ditujukan untuk mengatasi masalah keamanan yang timbul pascapembongkaran tembok-tembok pendapa.

“Terakhir, setelah gebyok selesai dibongkar, atap dan tiang kayu pendapa kita pelitur,” kata dia.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan selain untuk menimbulkan kesan transparan, pembongkaran penapa juga ditujukan agar pendapa bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik. Dari pantauan Timlo.net, sejumlah organisasi maupun kelompok masyarakat sudah beberapa kali menggelar kegiatan di pendapa. Setelah renovasi selesai, diharapkan masyarakat lebih leluasa memanfaatkan pendapa untuk beraktivitas maupun menggelar pertemuan-pertemuan.

“Untuk apa saja boleh asal tidak untuk mantu,” kata Walikota, beberapa waktu lalu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge